Rabu, 21 April 2010

Tundukkan Barca 3 - 1, Inter satu kaki di final

Inter Milan mengantongi modal besar untuk meloloskan diri ke final Liga Champions setelah menaklukkan Barcelona 3-1 pada leg pertama semifinal di Stadion Giuseppe Meazza, Selasa malam (20/4).

Kemenangan dengan selisih dua gol itu membuat Inter akan menjalani leg kedua di Nou Camp pekan depan dengan relatif nyaman. Meski demikian, Barca juga tidak lebih kecil peluangnya karena bisa mengantongi satu gol tandang.

Bagi pelatih Pep Guardiola, kekalahan dengan kemasukan tiga gol ini adalah yang pertama sejak Maret 2005 saat ditundukkan Chelsea.

Jalan pertandingan
Meski terkendala oleh perjalanan darat akibat asap vulkanik di Islandia, Barcelona seperti biasa masih bisa menguasai bola lebih banyak ketimbang Inter.

Tuan rumah mampu melepas tembakan ke gawang Victor Valdes lebih banyak meski secara total hanya tiga tembakan menuju sasaran dari kedua tim di babak pertama.

Sebelum laga, pelatih Inter Jose Mourinho mengatakan tak menyiapkan strategi penjagaan ketat pada Lionel Messi. Dalam prakteknya, Messi selalu dikepung oleh sedikitnya dua pemain Inter setiap menguasai bola. Selama 90 menit, nyaris Messi tak banyak memberi kontribusi pada permainan Barcelona.

Kendati demikian, Barca masih bisa mencuri gol lebih dulu. Kelalaian Maicon dalam menjaga pertahanan kanan Inter membuat Maxwell bisa memberi umpan silang akurat pada Pedro Rodriguez untuk skor 1-0 pada menit ke-19.

Inter, yang sempat memperoleh dua peluang melalui Samuel Eto'o dan Diego Milito, akhirya mampu menyamakan 1-1 pada menit ke-30 melalui playmaker Wesley Sneijder.

Pemain Belanda itu tak terkawal di jantung pertahanan Barcelona untuk mengubah operan pendek Milito menjadi gol.

Permainan Inter makin efektif di babak kedua. La Beneamata terlihat paham bagaimana mengeksploitasi kelemahan pertahanan Barca ketika kehilangan bola.

Hanya tiga menit setelah jeda, gawang Valdes kembali bergetar. Kali ini, Maicon yang bergerak dari belakang menyambar umpan pendek Milito menjadikan skor 2-1.

Dan di saat Barca belum mampu bangkit, Inter pun memimpin 3-1 setelah Milito menyelesaikan bola hasil tandukan Sneijder yang meleset pada menit ke-61.

Tertinggal dua gol, Barca semakin intens dalam menyerang. Namun usaha mereka untuk mencetak gol tambahan tak kunjung berhasil meski para pemain Inter mulai menurunkan tempo permainan dan fokus bertahan.

Julio Cesar mungkin patut mendapat pujian tersendiri mengingat cukup banyaknya penyelamatan gemilang yang dilakukannya dalam laga ini. Beberapa percobaan matang dari Barca melalui Messi, Pique dan Pedro, semuanya dapat dikandaskan Cesar.

Inter pun akhirnya menggapai keunggulan penting sebelum berlaga di Nou Camp pekan depan. Barcelona harus unggul setidaknya 2-0 bila ingin tetap melaju ke final di Santiago Bernabeu.

Susunan pemain

Inter: Cesar, Maicon (Chivu 73), Lucio, Samuel, Zanetti, Motta, Cambiasso, Eto'o, Sneijder, Pandev (Stankovic 56), Milito (Balotelli 75).

Barcelona: Valdes, Alves, Pique, Puyol, Maxwell, Busquets, Xavi, Keita, Messi, Pedo, Ibrahimovic (Abidal 62).

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Facebook Digg Stumbleupon Favorites