Senin, 03 Mei 2010

Chelsea dekati gelar juara

Chelsea di ambang gelar juara Liga Premier setelah lolos dari ujian di Stadion Anfield dengan memukul tuan rumah Liverpool 2-0, Minggu (2/5).

Bagi The Blues, kemenangan itu membuatnya unggul empat poin dari Manchester United di puncak klasemen sementara dengan sisa satu laga. MU sendiri baru akan bermain melawan tuan rumah Sunderland pada pukul 22.00 WIB.

Dengan satu laga tersisa melawan Wigan Athletic pekan depan, Chelsea sangat berpeluang menjuarai kompetisi Premier League 2009/10, merebutnya dari saingan terberat, Manchester United.

Chelsea juga bisa keluar sebagai juara hari ini juga dalam beberapa jam kemudian bila MU gagal menang dalam laganya melawan Sunderland.

Jalan pertandingan

Liverpool, yang punya rekor 18 kali juara Inggris bersama MU, seakan tak rela untuk membiarkan rivalnya itu menjadi tim pertama yang meraih gelar ke-19.

Artinya, Liverpool harus "mengalah" kepada Chelsea. Namun di lapangan, pasukan Rafa Benitez bermain serius dan sempat berimbang. Bahkan inisiatif serangan sempat dikendalikan Liverpool di menit awal.

Serangan Liverpool beberapa kali sempat menjanjikan, termasuk sebuah tembakan jarak jauh Alberto Aquilani yang membentur tiang gawang Chelsea.

Tetapi Liverpool kelihatan memiliki kendala fisik sehingga beberapa kali membuat kesalahan umpan dan tendangan setelah tiga hari lalu bermain 120 menit dengan Atletico Madrid di semifinal Liga Europa.

Pada menit ke-33, Chelsea pun mampu memimpin 1-0 karena kecerobohan kapten Steven Gerrard dalam memberikan umpan balik kepada kiper Pepe Reina yang mengakibatkan bola diserobot Drogba, dan menghasilkan gol pertama Chelsea.

Tertinggal satu gol, permainan Liverpool mulai goyah. Terutama di lini belakang. Belum lagi kekuatan serangan The Reds terganggu oleh cederanya Maxi Rodriguez dan digantikan oleh Ryan Babel.

Di babak kedua, praktis permainan dikendalikan oleh Chelsea. Kelemahan Liverpool di sisi kanan belakang yang ditempati Daniel Agger terus dieksploitasi lawan.

Namun pasukan Carlo Ancelotti justru berhasil menambah gol lewat pergerakan Nicolas Anelka di sayap kanan pada menit ke-54. Lepas dari jebakan offside, pemain Prancis itu memberi umpan silang mendatar ke depan gawang dan langsung disambar gelandang Frank Lampard untuk skor 2-0.

Kedudukan 2-0 membuat pertandingan menjadi agak hambar karena Chelsea seakan merasa "sudah cukup" meski beberapa kali mendapat momentum untuk mencetak gol tambahan. Adapun Liverpool mulai patah arang, selain juga stamina yang mulai melorot.

Tak heran laga berakhir dengan skor 2-0 dan sekaligus membuat Liverpool dipastikan terlempar dari persaingan memperebutkan tiket ke Liga Champions.

Saat ini Liverpool masih berada di posisi ketujuh dengan nilai 62 dan tertinggal lima poin dari Tottenham Hotspur yang berada di posisi empat dengan satu laga sisa lebih banyak.

Susunan pemain

Liverpool: Reina, Agger, Kyrgiakos, Carragher (Ayala 57), Aquilani (Ngog 77), Gerrard, Benayoun, Maxi (Babel 42), Mascherano, Lucas, Kuyt.

Chelsea: Cech, Ivanovic, A. Cole, Terry, Alex, Lampard, Ballack, Malouda, Drogba, Kalou (Zhirkov 88), Anelka (J. Cole 92).

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Facebook Digg Stumbleupon Favorites